Thursday, May 31, 2012

Temukan Potensimu!

Dalam sebuah acara di kantor,seorang teman yang menjadi pembicara ketika itu mengemukakan sebuah diskusiyang berjudul Find Your Potency, “Temukan Potensimu!”. Aku jadi teringatbeberapa tahun yang lalu, tiga tahun yang lalu kalau tidak salah. Ketika ituaku masih sendiri (bujangan), fresh graduate, baru bekerja.

Aku tanya kepada seorang temankarib, “Menurut antum bagaimana sih kita bisa tahu potensi kita? Aku sudahmencoba berbagai macam tes kepribadian tapi tidak kunjung mengetahui potensiapa sebenarnya yang kumiliki?”

Dia menjawab, “Ada tiga yangharus senantiasa kau tanyakan dan kau jawab”

“Yang pertama, kegiatan apa yangkau sukai di masa lalumu? Ketika masih kecil apa yang gemar kau lakukan. Bisajadi ketika kau masih kecil, ketika beban kehidupan itu belum kau rasakan, kautelah melakukan sesuatu yang sangat kau cintai”

“Yang kedua, aktivitas apa yangmemberikan kenikmatan yang paling tinggi buatmu? Atau dengan kata lain,aktivitas ini akan tetap kau lakukan meski kau tidak mendapatkan bayaran samasekali atau bahkan mengorbankan sesuatu”

“Yang ketiga, aktivitas ataupengetahuan atau keahlian apa yang paling cepat kau kuasai? Bisa jadi keahlianini bagi sebagian orang sangatlah susah, tapi bagi dirimu ini seperti mengambilpermen dari anak kecil. Mudah sekali.”

Inilah jawaban untuk ketigapertanyaan di atas menurut versiku:

Di masa kecil aku sangat senangbercerita. Di masa kecilku aku adalah pendongeng yang ulung. Aku senangmendengarkan cerita dan senang menceritakannya ulang kepada orang lain. Akumasih mengingat hari-hari ketika geng kecil ku dulu akan menghentikanaktivitasnya untuk mendengarkan ceritaku.

Aktivitas yang paling membuatkumerasa nikmat adalah membaca, mengetahui sesuatu yang baru dan mengetahui carakerja benda, atau mungkin sebab musabab suatu peristiwa. Aku akan tetap membacameski aku tahu itu tidak berhubungan dengan pekerjaanku. Aku akan tetap mencaritahu meski itu harus menghilangkan waktu luangku.

Memudahkan yang sulit. Beberapahal yang bagi sebagian orang susah dipahami akan menjadi mudah setelah melaluibahasaku. Itulah menurutku. Karena aku senang dalam mencari pokok-pokok dalamsetiap hal. Aku ingin mencari pokok-pokok dalam ilmu kehidupan.

Itu adalah versiku, jadi mungkinbakatku adalah mencari tahu, mengenali pokok-pokoknya dan menceritakannyadengan versi yang lebih menarik.

Dan itulah yang kulakukan saatini. Semoga kamu juga menganggapnya menarik...

Apa jawabanmu atas tiga pertanyaan di atas? Silahkan dibagi dengan comment di bawah.
Wallahu A’lam Bishshowab.

1 comment: