Thursday, April 14, 2011

6 Langkah Mudah Menghasilkan Uang (Bag. 3)

Langkah keempat

Pemberian Harga (pricing) yang berbeda

Banyak Jalan menuju dollar yang sama

Jangan hanya asal nyebut harga. Coba semua cara untuk memasang harga. Itu juga cara yang hebat untuk menghasilkan uang dengan lebih mudah.

Sebelum punya 37 Signal, Aku bekerja sebagai web desainer freelance. Aku pasang tarif perjam. Banyak yang pesan, tapi kok kayaknya ndak imbang deh. Kalo aku bisa selesaikan pekerjaanku 3 jam lebih cepat dari pada orang lain kok aku dibayar sama dengan yang selesai 4 jam bahkan lebih? Maka ketika aku dan temanku membuat 37 Signals tahun 1999, kami pasang tarif berdasarkan proyek.

Setelah itu sukses besar. tapi lama kelamaan proyek yang kami terima menjadi besar dan semakin besar, hal ini jelas membuat biaya jadi lebih besar. Dan hal ini mengganggu klien. Proyek yang besar artinya waktu yang lama yang juga berarti biaya besar. Selain itu dalam masalah web, semakin tambah waktu berarti tambah juga resikonya, dan resiko adalah yang banyak tidak disukai.

Kupikir dengan serius masalah ini, dan akhirnya kuambil sebuah keputusan. Daripada mengerjakan proyek yang besar, lama dan mahal, kami menawarkan bagaimana kalo yang kecil yang murah. Daripada mengerjakan redesain web sebanyak 15 halaman yang butuh 50.000 dollar dan menghabiskan waktu 3 bulan, kami memberikan saran bagaimana kalo 3.500 dolar perhalaman lalu kami selesaikan dalam waktu satu pekan. Kalo klien ingin tambahan halaman, tambah lagi aja 3.500 dolar dan satu pekan. Hal itu kami namai dengan 37 Express.

Berhasil. Cara itu membuat resikonya semakin kecil. Banyak perusahaan yang hanya akan mencoba-coba kami sebelum mereka serius dengan hasil kami. Hal itu juga bermanfaat bagi kami-rapat berkurang, stres berkurang, dan tidak terlalu harus banyak berjibaku dengan pengambilan keputusan yang serba rumit. Cukup dengan satu pekan proyek dengan harga yang oke. kalo mau lebih tinggal bilang dan bayar lagi dengan harga yang sama.

Sekarang kami sudah tidak lagi mendesain website, jadi 37 express sudah tidak ada lagi. Tapi strategi yang jitu untuk menghasilkan uang. Dengan menghilangkan rasa takut dari klien, mereka akan membayar lebih untuk itu. Orang tidak suka dengan ketidakpastian, terutama yang masih harus bayar. Waktu seminggu dan harga yang tidak terlalu mahal adalah sebuah kepastian.
Kami di 37 Signals terus mencoba memberikan harga yang berbeda. Salah satu aplikasi kami ada yang berharga mulai 24 hingga 249 dolar perbulan. Jualan ebook 19 dolar kalo buku aslinya 25 dolar. Banyak hal lah yang bisa dicoba-coba. Kami bahkan jualan kaos promosi dengan harga 19 dolar. Biasanya orang lain memberikan gratis. Kami jual kaos promosi kami dengan harga 19 dolar.

No comments:

Post a Comment