Thursday, April 14, 2011

Enam Langkah Mudah Menghasilkan Uang (Bag.4)

Langkah ke lima

Tidak Ada yang Salah dengan Lapar dengan Keuntungan.

Nilai dari sebuah "bootstrap" (berjuang habis-habisan tanpa ada modal cadangan)

Aku beruntung belajar untuk berjuang habis-habisan sejak aku berumur 14 tahun. Karena memang jalan untuk menjadi pengusaha itu sebuah jalan yang panjang.

Aku hanya meminjam uang untuk bisnis hanya sekali dalam hidupku. Itu untuk beli komputer ketika aku kuliah. Aku tidak pernah bisa membayarnya. Karena aku tahu kalaupun aku membayarnya mereka pasti tidak mau menerimanya.

Tapi ya cukup sampe di situ. Karena semuanya memang berjuang mati-matian tanpa ada cadangan, meskipun banyak lembaga yang menawarkan pinjaman uang. Tapi aku berprinsip bahwa investorku adalah pelangganku. Aku harus menghasilkan keuntungan sejak hari pertama berbisnis.

Apa lagi yang bisa kusampaikan tentang berjuang-habis-habisan. Baik mulai bisnis baru atau tidak, selalulah berpikir untuk berjuang habis-habisan tidak dana cadangan. Hal ini akan membuat kita berpikir untuk menghasilkan untung sejak hari pertama. Perbedaan yang berjuang habis-habisan tanpa dana cadangan dengan yang menggunakan modal cadangan adalah, yang tidak ada cadangan sejak awal harus untung karena kalo tidak sudah tidak ada uang lagi. Artinya bangkrut.

Kalo bisnis yang punya dana cadangan, yang dipikirkan adalah bagaimana membelanjakan uang. Tenang saja banyak uang di bank kok, investor itu meminta kita beli alat ini itu, sewa orang ini dan itu. Tenang saja tidak usah buru-buru. Kayaknya sih nyaman, tapi sebenarnya itu menyakitkan. Karena hal itu menggantikan kerja keras, perjuangan dengan sebuah kenyamanan yang semu.

Semua orang bisa menghabiskan uang, menghasilkan uang itu yang sulit. Dan harus menghasilkan sejak hari pertama adalah cara yang ampuh untuk menjadi lebih baik berikutnya.

No comments:

Post a Comment